Kamis, 26 Januari 2012

Pidato Ir. Soekarno Sang Proklamator

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah MIN 09 Petukangan Selatan, Bapak Masturo, serta Guru-guru dan Karyawan dan yang Saya hormati para orang tua murid kelas VI serta adik-adik kelas yang saya banggakan.

Marilah kita panjat puji dan syukur kepada Allah SWT. Atas semua limpahan rahmat dan karunianya. Salawat dan salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat serta pengikutnya, Amin. Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan pidato tentang :

Ir. Soekarno Sang Proklamator

Soekarno lahir di Blitar, 1 Juni 1901. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ibunya Ida Nyoman Rai. Jenjang pendidikan dimulai dari Indische School di Tulungagnung. Kemudian melanjutkan ke Europesche Hogere School yang berubah nama menjadi ITB di Bandung.

Soekarno terpilih menjadi Ketua PNI yang didirikan di Bandung tanggal 14 Juli 1927. Tujuan Pendidirian PNI adalah untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Bersama Mohammad Hatta, Ki Hadjar Dewantara dan KH. Mas Mansyur membentuk PUTERA dan juga sering disebut empat serangkai.

Soekarno diculik oleh golongan muda untuk segera memproklamirkan Kemerdekaan RI dan peristiwa ini sering disebut juga peristiwa Rengasdengklok. Pada Tanggal 17 Agustus 1945, Pukul 10.00. Soekarno memproklamasikan kemerdekaan RI selanjutnya jabatan presiders dilimpahkan kepada Letjend Soeharto. Nasib Soekarno selanjutnya dikenakan tahanan rumah oleh Pemerintahan Soeharto. Dalam kesedihan da kesendirian selama penahanan. Soekarno meninggal dunia pada 21 Juni 1970 di usia 69 tahun. Bangsa Indonesia telah kehilangan pahlawan proklamator, Bapak Pendiri bangsa. Soekarno dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Demikianlah pidato dari saya tentang perjuangan Ir. Soekarno Sang Proklamator. Merantau orang ke Jakarta, untuk mencari sesuap nasi, meskipun jauh dimata, tetapi dekat di hati.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah atau kurang lebihnya tolong dimaafkan.

Wabillahi taufiq wal hidayah,

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Nama : Afit Kusnaidi

Kelas : VI. B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar