Rencana Perbaikan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Sains (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester : II / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A. Kompetensi Dasar
1.1. Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
B. Hasil Belajar
- Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan dan kegunaanya.
- Menyebutkan nama hewan dengan cara bergeraknya berdasarkan pengamatan
C. Indikator
- Siswa menyebutkan bagian tubuh, cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan.
Misalnya : kaki, perut, sayap, sirip, siput, dsb.
D. Tujuan Perbaikan
- Siswa mau menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru kepada seluruh murid.
- Siswa mampu menjawab menjawab pertanyaan guru dengan tepat.
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
a. Melakukan tanya jawab (apersepse) tentang berbagai hewan yang biasa ditemukan/dilihat disekitarnya.
1. Hewan apa yang biasanya dipelihara di rumah ?
Jawab :
2. Bagaimana hewan itu bergerak ?
Jawab :
3. Dengan apa hewan itu ia bergerak :
Jawab :
2. Kegiatan Inti (3 Menit)
a. Guru menempelkan gambar hewan
b. Menyebutkan bagian-bagian hewan dan menceritakan setiap hewan dengan cara bergeraknya.
c. Guru menjelaskan ada kesamaan dan perbedaan pada hewan.
- Berikan contoh hewan lainnya yang bergerak dengan sayap
- Adakah hewan yang tidak berkaki, tidak bersayap. Bagaimana hewan itu bergerak ?
- Ada hewan yang dipelihara, karena diperlukan oleh manusia dan ada hewan yang merugikan/merusak. Misalnya : ....
- Hewan yang dipelihara harus diberi ....
3. Kegiatan Akhir (5 Menit)
a. Siswa bersama guru membuat rangkuman.
b. Guru memberikan PR mengamati hewan yang ada disekitar rumah dan menulis bagian tubuh.
F. Sarana dan Sumber Belajar
a. Gambar bagian-bagian tumbuh hewan
b. Buku Paket IPA Kelas II
G. Evaluasi
1. Awal : Apersepsi
2. Proses : Mengamati keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dan memberikan tanggapan.
3. Akhir : Tertulis
A. Lembaran Soal
Evaluasi Belajar
- Paruh pada burung digunakan untuk .....
- Hewan yang mempunyai belalai .....
- Kaki kerbau berjumlah .....
- Suara Kucing .....
- Ikan berenang dengan .....
- Burung terbang dengan .....
- Sebutkan 3 bagian utama kucing ....
- Kupu-kupu suka menghisap .....
- Buaya berjalan dengan .....
- Nyamuk harus di .....
B. Kunci Jawaban
1. Ambil makan
2. Gajah
3. 4 (empat)
4. Mengeong
5. Sirip
6. Sayap
7. Kepala, badan, kaki
8. Mada
9. Merayap
10. Dimusnahkan
C. Pedoman Penilaian
Jawaban benar mendapat nilai skor 2, sedangkan yang salah mendapat nilai 0.
Nilai akhir jawaban benar x 2 x 20 .
Mengetahui : Supervisor,
( Dr. Ari Listiani ) |
| Jakarta, 9 Agustus 2011 Mahasiswa,
( Amelia Larosa ) NIM |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar